• Menag RI Lukman Hakim Resmikan IAIN Madura

  • 5 Mahasiswa IAIN Madura Ikuti Program KKN Nusantara Persemakmuran

  • Pascasarjana IAIN Madura Terapkan SPMB Berbasis CBT

  • Sebanyak 1.700 peserta mengikuti program tes masuk kuliah melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)

  • SELAMAT DAN SUKSES ATAS PEMBUKAAN PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSIYAH) PADA PROGRAM MAGISTER (S2) PASCASARJANA STAIN PAMEKASAN BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN DIRJEN. PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 2586 TAHUN 2017

  • Jumlah Peminat STAIN Pamekasan berjumlah 3.445 yang akan bersaing memperebutkan kuota 496 orang calon mahasiswa baru untuk quota penerimaan jalur UM-PTKIN 2017

  • Telah Dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Th. Akademik 2017/2018

  • Sosialisasi Serentak PMB STAIN Pamekasan 2017 dilaksanakan di 3 kabupaten yaitu Pameksan, Sampang dan Sumenep

  • Selamat dan Sukses kepada TIPD STAIN Pamekasan Updating Data PDPT 100 % Sampai 2016-1 PTKIN Tingkat Nasional nomor 2 setelah STAIN Kudus

  • Congratulation GIBEI STAIN Pamekasan. penghargaan kedua kalinya. Semoga kedepan lebih sukses dan bermanfaat. Selamat untuk EBIS dan GIBEI STAIN Pamekasan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA
Jalan Raya Panglegur KM.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur, Telp. (0324) 327248, Fax. (0324) 322551
Website : iainmadura.ac.id | e-mail. info@iainmadura.ac.id
Petunjuk Pembayaran BRISklik disini
Cek Username & Password MABAklik disini
Cek NIM Bayarklik disini
Pendaftaran SMS Broadcast Info Kampusklik disini
STAIN Pamekasan Kini & Esok
POLLING
Apakah tampilan website ini menarik?
Ya
Cukup
Kurang
AGENDA

Nov21

MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1440 HIJRIYAH

11.15

Masjid Darul Hikmah IAIN Madura

Mar28

Seminar Nasional Lintas Divisi Hima Prodi PAI

08.00 WIB

Lapangan Selatn Perpustakaan

Mar17

DIALOG HUKUM NUSANTARA

07.30-Selesai

Ruang Auditorium STAIN Pamekasan

CARA BELAJAR CEPAT Oleh: H. Achmad Mulyadi, M.Ag (Dosen JEBIS STAIN Pamekasan)

Jumat, 16 Desember 2016

Bagaimana caranya untuk belajar cepat? Konsep belajar cepat yang saya sukai adalah konsep MASTER. Istilah MASTER di sini adalah singkatan dari Motivating your mind, Acquiring the information, Searching out the meaning, Triggering the memory, Exhibiting what you know, dan Reflecting what you’ve learned. Berikut ini keterangan detailnya: 1. Motivating your mind (memotivasi pikiran)


Langkah pertama dalam belajar cepat adalah motivasi. Ini penting sekali. Berapa banyak orang yang berusaha untuk belajar tanpa motivasi ? Mereka menganggap belajar sebagai suatu bentuk "penderitaan". Dengan sikap seperti ini bisa dibilang secara bawah sadar otak akan menolak informasi yang masuk karena dianggap negatif ! Jelas saja kita jadi sangat sulit belajar. Bandingkan dengan orang yang termotivasi, yang menganggap belajar itu seru dan mengasyikkan. Secara bawah sadar otak akan dengan senang hati mempersilakan informasi untuk masuk. 2. Acquiring the information (memperoleh informasi)


Ada tiga gaya belajar utama, yaitu visual (melalui penglihatan), auditori (melalui pendengaran), dan kinestetik (melalui tindakan). Kita akan lebih cepat menangkap informasi kalau kita belajar sesuai dengan gaya belajar kita. Oleh karenanya kita perlu mengenali gaya belajar yang cocok untuk kita lalu mempraktekkannya. Hasilnya kita akan lebih cepat menangkap informasi. 3. Searching out the meaning (menyelidiki makna)


Sekedar membiarkan informasi masuk sama sekali tidak cukup. Kita harus berusaha untuk mendapatkan makna dari informasi itu. Ini sama seperti mencerna informasi yang masuk sampai memahami hakikatnya luar dalam. Jadi bukan hanya menghafalkan fakta, tapi terus maju sampai memahami konteksnya dan penerapannya untuk hal-hal lain. Berapa banyak orang yang hanya berusaha menghafal fakta tanpa memahami maknanya? 4. Triggering the memory (memicu memori)


Memahami makna merupakan hal yang sangat penting, tapi kita juga harus mampu mengingat fakta. Banyak orang yang punya daya ingat luar biasa. Contohnya kita menghafalkan angka sampai ribuan angka di belakang koma ! (biasanya kita hanya hafal dua angka yaitu "14" dari "3.14"). Ada banyak teknik yang bisa memudahkan kita mengingat fakta misalnya dengara membuat singkatan. Singkatan seperti "MASTER" merupakan salah satunya. Akan jauh lebih mudah untuk mengingat enam langkah Accelerated Learning kalau kita memakai singkatan "MASTER". 5. Exhibiting what you know (memamerkan apa yang anda ketahui)


Memamerkan di sini bukan berarti sok tahu. Yang dimaksud adalah kita harus berusaha membagikan ilmu kita ke orang lain. Saat membagikan ilmu ke orang lain kita justru akan mendapatkan lebih banyak lagi ! Percaya tidak ? Saya sendiri sudah sering membuktikan hal ini. Bagi saya, salah satu penerapan langkah kelima ini adalah menulis. Apa yang saya dapat saya bagikan dalam bentuk tulisan. 6. Reflecting what you’ve learned (merefleksikan bagaimana Anda belajar)


Nah, inilah langkah terakhir dalam konsep MASTER. Kita mesti mengevaluasi cara belajar kita. Mengapa ? Sebab setiap orang punya cara belajar yang unik yang berbeda dengan orang lain. Kita mesti mengembangkan gaya belajar pribadi yang paling cocok dengan kita. Dan ini tentu tidak bisa dicapai dalam waktu semalam. Kita harus mencoba, mengevaluasi, memperbaiki apa yang kurang, lalu mencoba lagi, dan seterusnya. Dengan terus mengevaluasi perlahan-lahan gaya belajar kita akan semakin tajam dan cocok dengan kita. Selamat Mencoba!!!!!!!!

MUTIARA HATI
  • عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:"الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ اللَّهُ، ارْحَمْ مَنْ فِي الأَرْضِ يَرْحَمْكَ مَنْ فِي السَّمَاءِ
    Dari Abdullah bin Amir RA, Rasululloh SAW bersabda: “Seseorang yang menyayangi (orang lain) pasti akan disayangi Alloh. Sayangilah setiap penduduk bumi, niscaya engkau akan disayangi para penghuni langit”

    HR Tabrani No: 1460
  • عن أبي يعلى شداد بن أوس - رضي الله عنه - ، عن النَّبيّ - صلى الله عليه وسلم - ، قَالَ : الكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ ، وَعَمِلَ لِمَا بعدَ المَوتِ ، والعَاجِزُ مَنْ أتْبَعَ نَفْسَهُ هَواهَا وَتَمنَّى عَلَى اللهِ. [رواه الترمذي]
    Artinya :
    Dari Abu Ya'la yaitu Syaddad bin Aus r.a. dari Nabi SAW., sabdanya: "Orang yang cerdas - berakal - ialah orang yang memperhitungkan keadaan dirinya dan suka beramal untuk mencari bekal sesudah matinya, sedangkan orang yang lemah ialah orang yang dirinya selalu mengikuti hawa nafsunya dan mengharap-harapkan kemurahan dari Allah tanpa beramal shaleh."

    (HR. Imam At-Tirmidzi)
  • عن جابرٍ ، رضي اللَّه عنه قال : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الخَمْسِ كَمَثَلِ نَهَرٍ جَارٍ غَمْرٍ عَلَى بَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ »رواه مسلم. Dari Sayyidina Jabir رَضيَ اللَّه عنهُ berkata : "Rasulullah صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم bersabda yang maksudnya : "Perumpamaan shalat-shalat lima waktu itu adalah seperti sungai yang mengalir secara melimpah-ruah pada pintu rumah seseorang dari engkau semua. Ia mandi di situ setiap hari lima kali." (HR Imam Muslim)
  • Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan wahyu padaku agar diantara manusia untuk saling merendahkan hatinya (yaitu tidak menyombongkan diri), hingga seseorang terhadap lainnya tidak saling menindas, dan tidak menyombongkan diri "

    H.R. Muslim
  • Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad ﷺ bersabda,
    ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ : شُحٌّ مُطَاعٌ ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ
    Tiga Dosa Pembinasa :1. SIFAT PELIT YG DITAATI.2. HAWA NAFSU YANG DITURUTI,3. UJUB SESEORANG TERHADAP DIRINYA.

    ( HR. Thabrani )
  • Abu Hurairah pernah berkata, "Sesungguhnya rumah akan terasa luas bagi penghuninya, para malaikat akan mendatanginya, setan-setan akan menjauhi dan kebaikannya akan bertambah jika Al Qur'an dibaca di dalamnya. Dan rumah akan terasa sempit bagi penghuninya, para malaikat menjauhinya, setan-setan datang dan kebaikannya berkurang jika di dalamnya tidak dibacakan Al Qur'an."

    (HR.AD-DARIMI, SUNAN AD-DARIMI)
  • Rasulullah SAW bersabda : "Cintailah orang yang engkau cintai dengan wajar karena bisa saja suatu waktu dia menjadi orang yang engkau benci, dan bencilah orang yang engkau benci dengan wajar karena bisa saja dia menjadi orang yang engkau suka suatu saat nanti."

    (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)
  • Rasulullah SAW bersabda : "Hati-hatilah kalian dari prasangka krn prasangka itu perkataan yang paling dusta. Janganlah kalian saling mengintai kesalahan, dan jangan pula saling merasa diintai, jangan pula berlomba-2 (dalam kehidupan duniawi), jangan saling mendengki dan bermusuhan serta jangan pula saling bertolak belakang, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara."

    (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barang siapa yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin." 

    (HR. Ahmad, sanad hadits ini shahih)
  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : _“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.”_

    (HR. An Nasa’i :5129 hadits ini hasan shahih)
LINK SEKOLAH TERKAIT
GALERI VIDEO
GALERI FOTO
STATISTIK PENGUNJUNG
Online : 0 Users
Total Hits : 1458827 Hits
Hari Ini : 75
Kemarin : 1027
Bulan Ini : 7799
Tahun Ini : 248623
Total : 1146732